Pekerjaan yang Membodohkan dan Pekerjaan yang Mencerdaskan


Sebetulnya ada tidak sih pekerjaan yang membodohkan dan pekerjaan yang mencerdaskan? Pertanyaan itu akan hadir ketika kita dihadapkan pada suatu relita, apalagi kalau bukan kebutuhan materi. Kebutuhan yang tidak bisa kita tolak dan mengharuskan kita untuk mencari sumber penghasilan. Itulah yang kadang kita mengambil pekerjaan apa saja asalkan halal. Tidak peduli pekerjaan itu membodohkan atau mencerdaskan kita.

 

Jawabannya sebetulnya tidak akan kita ketahui di awal. Baru kita sadari ketika kita sedang atau telah menjalani pekerjaan itu. Saat itulah kita dapat menemukan jawabannya. Mungkin Anda sendiri bisa bertanya pada diri Anda pribadi “Apakah pekerjaan ini membodohkan saya atau mencerdaskan saya?”, dan jawabannya hanya Anda sendirilah yang mengetahuinya, karena Anda sendiri yang mengetahui sejauh mana potensi yang Anda miliki dan sejauh mana pekerjaan tersebut mempengaruhi kecerdasan Anda.

 

Sebelum Anda mengetahui atau berkenalan dengan sebuah pekerjaan atau profesi baru biasanya banyak hal yang ingin Anda ketahui tentang pekerjaan atau profesi tersebut. Bagaimana Job desk-nya, waktu kerjanya, cara kerjanya, budaya kerjanya, salary-nya, jaminannya, dan lain sebagainya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut yang perlu Anda tanyakan hanya dua point saja, yaitu bagaimana job desk-nya dan seperti apa pekerjaannya. Dari sana Anda bisa sedikit mengetahui apakah pekerjaan atau profesi yang akan Anda geluti nantinya ini akan membodohkan atau mencerdaskan Anda.

 

Pekerjaan yang mencerdaskan adalah pekerjaan yang membuat Anda berkembang, baik dari segi pengetahuan, pemikiran, kedewasaan, atau pandangan Anda tentang pekerjaan tersebut khususnya dan tentang kehidupan pada umumnya. Pekerjaan yang membodohkan yaitu pekerjaan yang memiliki ciri sebaliknya, yaitu tidak membuat pengetahuan, pemikiran, kedewasaan, dan pandangan Anda tidak berkembang. Sekali lagi jawabannya hanya Anda sendiri yang mengetahuinya.

 

Jika Anda termasuk orang yang malas untuk belajar atau untuk mengetahui hal baru, sepertinya Anda akan puas jika pekerjaan itu benar-benar sudah Anda kuasai.  Mengerjakan hal yang sama selama bertahun-tahun, dengan pekerjaan yang sama, bahkan kasus atau permasalahan yang membutuhkan solusi yang sama dalam pekerjaan Anda tersebut. Naasnya lagi keberuntungan tidak pernah berpihak pada Anda, ketika teman-teman Anda sudah naik pangkat atau jabatan, Anda masih…saja dengan posisi dan pekerjaan yang sama, termasuk gaji yang juga tidak pernah berubah.

 

Pada titik ini bisa jadi Anda memang sampai pada titik aman karena sudah menguasai pekerjaan tersebut, namun jangan harap Anda dapat bertamba pintar dengan pekerjaan atau profesi tersebut. Apa bedanya Anda dengan robot jika setiap hari berkutat dengan hal yang sama? Sungguh miskin jiwa Anda karena ini, sementara semakin hari umur Anda semakin bertambah dan semakin banyak saingan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Harapann Anda hanya satu, yaitu keberuntungan untuk mendapatkan promosi, atau rasa kasihan dari atasan Anda sehingga Anda mempunyai posisi baru dengan salary yang lebih besar tentunya dibandingkan posisi Anda sebelumnya di perusahaan tersebut.

 

Lain lagi jika Anda mendapatkan pekerjaan yang mencerdaskan. Pengetahuan, kemampuan,  kedewasaan, pemikiran, dan pandangan Anda yang berkembang membuat Anda tumbuh menjadi pribadi yang semakin cerdas, baik dalam pekerjaan atau profesi Anda ataupun dalam kehidupan. Semakin hari Anda akan semakin cerdas, sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru yang jauh lebih baik atau bahkan menciptakan lapangan kerja untuk orang lain pun akan semakin besar.

 

Anda bisa menjadi pribadi yang matang dengan keahlian luar biasa, dan kaya tentunya karena penghasilan Anda lebih besar. Selain kaya materi Anda juga akan kaya jiwa atau batin, inilah sebetulnya yang paling sulit untuk diraih kebanyakan orang, namun bisa Anda dapatkan jika pekerjaan atau profesi Anda mencerdaskan diri Anda.

 

Sekarang pilihan ada di tangan Anda, ada di posisi mana Anda saat ini, dan akan ke mana tujuan hidup Anda nantinya. Jika pun terpaksa harus memilih pekerjaan yang membodohkan, tetaplah berusaha untuk tidak pernah berhenti belajar dan mengembangkan potensi yang memang Anda miliki karena walaupun sedikit, tapi setidaknya Anda tidak tertinggal oleh orang-orang yang memiliki pekerjaan yang mencerdaskan tersebut.

 

Jangan biarkan pekerjaan Anda terus menerus membodohkan Anda, dengan menjadikan Anda sebagai robot, sebagai mesin pencetak uang para pemilik modal atau bahkan para outsourching yang secara perlahan menghisap hasil perasan keringat Anda setiap detiknya, bahkan tidak memberikan Anda waktu istirahat yang cukup atau memberikan Anda ruang untuk beraktualisasi menunjukann eksistensi Anda di dunia.***

 

 

Iklan

Jangan Putus Asa Jika Doa Belum Diijabah


“Janganlah membuatmu putus asa dalam mengulang-ulang Doa, ketika Allah menunda ijabah Doa itu. Dialah yang menjamin ijabah Doa itu menurut pilihan-Nya padamu, bukan menurut pilihan seleramu. Kelak pada waktu yang dikehendaki-Nya, bukan menurut waktu yang engkau kehendaki.” (Ibnu Atha’ilah)

 

Jadi kalau Doa Anda belum terwujud, belum diijabah jangan pernah berhenti untuk melakukan Doa yang sama. Allah tahu kapan waktu yang tepat untuk mengabulkan Doa umatnya. Banyak orang yang sudah membuktikannya, termasuk saya. Dari dulu saya selalu percaya bahwa apapun yang saya minta dalam Doa.

 

Selama itu baik menurut Allah, bukan menurut saya pasti dikabulkan. Hanya masalah waktu yang menjadi misteri, kita tidak pernah tahu kapan Doa itu akan dikabulkan. Tapi, selama kita berusaha untuk mewujudkan keinginan kita, dengan selalu diiringi dengan Doa, pasti Doa itu akan terkabul, mimpi dan keinginan itu pasti akan menjadi kenyataan.

 

Tinggal kita yang harus lebih pandai bersabar dan bersyukur atas segala nikmat yang sudah Allah beri untuk kita hari ini. Jangan lupa juga untuk membagi nikmat itu dengan orang lain, karena berbagi itu indah. Kecuali berbagi suami…hehehe..(amit-amit) Dengan lebih sering berbagi kenikmatan, kenikmatan itu juga ternyata memang akan semakin ditambah. Termasuk kenikmatan iman dan Islam.

 

Saya bukan orang muslim yang sangat muslimah, tetapi Insyaalah setiap hari selalu belajar untuk menjadi seorang muslim yang lebih baik dari sebelumnya. Tidak ada salahnya kan saling mengingatkan? Karena kita bersaudara.  Ya, Saya dan Anda… kita saudara. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua sebagai bahan renungan dan motivasi untuk selalu berDoa dan tidak berputus asa jika Doa kita belum dikabulkan. Sabar ya… Semuanya akan indah pada waktunya. 😉 ***

Saat Ku Jauh


Saat Ku Jauh

By:KOTAK

Disanalah ada bintang bersayap melihat dengan sinarnya

Dua insan sedang dilanda rindu nyanyikan lagu cinta

Ada hati yang tak pernah lelah walau tak dapat berada di dekatmu

 

reff:

Aku pun mengerti dirimu menanti sentuhan belaiku dahaga cintamu

Aku pun berharap rindu ini bukan sebatas kata-kata

Untuk menggantikan diriku di saat ku jauh

 

Kupastikan hati ini terjaga setiaku untukmu

Dan kau jua tetaplah satu cinta jangan terusik khilaf

Ada hati yang takkan terisi oleh sesuatu selain cinta darimu

 

repeat reff

 

Huft…Lagunya dalem banget…Pas! Banget buat kalian yang sedang menjalani LDR (Long Distance Relationship/Hubungan jarak jauh). Ayo kita bernyanyi bersama…. 🙂

Tiba-tiba pengen dengerin lagu ini…Gak tahu kenapa juga jadi ngerasa kangen….banget, padahal tiap hari ketemu….(secara udah jadi suami) Hiks… Jadi pengen meluk kamu, sayang…

Dulu lagu ini sempet jadi RBT di handphone-ku. Coba klo dulu pake RBT plus ya, jad lagunya bisa terus-terusan didengerin klo nelepon siapa aja. Karena saking niatnya pengen dengerin lagu ini, setiap waktu, pas lagi gak ada kerjaan terutama, aku pasti miss call ke nomorku sendiri…hahaha…(Maklum dulu, HP-ku belum ada fitur MP3 nya).

Dengerin deh liriknya…nyanyiin satu-satu…Pasti jadi pengen nangis, apalagi klo lagi kange………n banget. Acungin dua jempol deh buat Kotak. Ini salah satu lagu favoritku. Enggak pernah bosen dengerinnya, asli!

Kangen saat-saat dulu…terutama setelah lama…..banget enggak ketemu, tiba-tiba ketemu lagi buat ngabisin semua kangen yang udah numpuk di seluruh jiwa dan raga. Ciyeh…Jiwa dan raga…(kaya lagu kebangsaan) Abisnya kalau udah cinta gimana dong..hehe..

Dengerin lagu ini malem-malem, bukain jendela kamar dan mengintip bulan di balik kamar, sesekali angin malam terasa lembut menerbangkan rambut-rambut yang terurai. Liatin bulan dengan keyakinan bahwa dia yang jauh di sana juga sedang menikmati bulan yang sama (khusus buat yang zona waktunya sama ya :)) Soalnya kalo sama pacar kamu yang di Amrik…di sini malem, di sana siang..jadi ga mempan deh.

Nikmati rasa rindu itu…semakin lama, semakin terasa, dan semakin besar…Bayangkan saat-saat paling romantis yang kalian alami berdua. Moment-moment indah yang membuatmu tahu kalau dia begitu sayang dan mencintaimu sepenuh hati.  

Sentuhannya, saat dia menuntunmu ketika berjalan, saat dia melindungimu dari bahaya, saat dia membelaimu saat kamu menangis dalam pelukannya, saat di memelukmu sebelum dia harus pulang untuk suatu saat bertemu kembali….Saat kamu menyadari bahwa dia benar-benar untukmu.

Kata-kata indah yang selalu terngiang-ngiang di kepala kamu saat dia bilang kalau dia sayang, cinta, dan kangen….banget sama kamu. Saat dia bilang kalau kamu itu wanita yang istimewa, kamu yang takkan tergantikan oleh siapa pun…

Tindakkannya, saat di melakukan ‘sesuatu’ untuk kamu, saat dia berkorban banyak untuk kamu, saat dia bekerja keras untuk kamu, saat dia berusaha setia untuk kamu, atau bahkan saat dia khilaf dan bersama dengan wanita/lelaki lain selain kamu, dan setelahnya dia tetap memilih kamu…karena dia memang tidak bisa hidup tanpamu.

Lagu ini sudah merangkum semuanya…Cinta, keindahannya, kerinduan, kesetiaan, dan bagaimana menjalaninya…Lengkap…Dengar dan rasakan…salah satu lagu terbaik dari Kotak ini.

Mau download lagunya:

 Saat Ku Jauh

 

 

 

Promo Program Pendampingan Penulisan Buku


Harga Normal Rp 15.000.000/buku
Harga untuk Anda Rp 7.500.000,-/buku
Potongan harga sampai 50%!

=====================================================================

Kapan lagi ada promosi semacam ini kalau tidak sekarang dari tim penulis profesional berpengalaman?
Segera ambil kesempatan ini karena hanya berlaku untuk 20 orang pertama.

Anda mau menulis buku, tapi tidak tahu caranya. Atau terlalu sibuk dengan urusan lain.
Anda mau menerbitkan buku, tapi tidak mengerti harus bagaimana.
Kesulitan menembus penerbit?
Jangan khawatir, kami dari Sekolah Menulis Kreatif Indonesia akan membantu Anda sampai tuntas.
Sampai buku Anda terbit dan terpajang di toko buku Gramedia dan toko buku ternama lainnya.

—————————

Benefit program:
– Identifikasi dan diagnosis tema, apakah layak terbit dan layak pasar?
– Menentukan pilihan penerbit; diterbitkan oleh penerbit besar atau diterbitkan sendiri?
– Menghubungkan Anda dengan penerbit besar manapun yang Anda mau. Langsung bertemu dengan editornya.
– Menuliskan semua naskah dari nol sampai jadi naskah siap terbit. Anda cukup menyediakan bahan-bahannya saja, apakah bahan tertulis atau masih di dalam kepala Anda. (ketebalan naskah sampai dengan 150 halaman ).
– Wawancara pengumpulan bahan.
– Konsultasi seputar penerbitan dan penulisan.

Segera hubungi kami sebelum kesempatan ini diambil orang lain.
Wujudkan impian memiliki buku sendiri, untuk berbagai keuntungan Anda.

——— ——————————–

Keuntungan menulis buku:
1. Nama Anda menjadi bernilai lebih tinggi (leverage). Sangat penting untuk para pembicara, mentor dan pelatih berbagai bidang.
2. Popularitas akan menjadi milik Anda. Khusus untuk mereka yang berniat menjadi public figure dari berbagai bidang.
3. Stempel untuk kepakaran Anda. Anda mengaku sebagai pakar, tapi tidak memiliki buku, ibarat seorang penyanyi tapi belum menelurkan album. Hal ini sangat penting bagi Anda yang berspesialisasi sebagai pakar di bidang tertentu.
4. Publikasi dan promosi! Ya, buku bisa menjadi media sangat efektif untuk publikasi sekaligus promosi. Status intelektual yang menempel kuat pada buku, membuat nilai publikasi dan promosi di buku menjadi lebih powerful. Manfaat ini amat penting bagi Anda pemilik usaha, para direktur/manajer marketing/promosi dan direktur/manajer sales.
5. Mendapatkan royalti atau passive income. Buku sama seperti produk lainnya, berpotensi memberikan keuntungan langsung materi kepada Anda.

—– ———————————

Kami sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun membantu puluhan pakar, pembicara, mentor, pengusaha dan beragam latar belakangan lainnya dalam menulis buku. Dan mereka sudah mendapatkan semua benefitnya.

Mereka yang sudah kami bantu:
1. Bob Sadino, lewat buku “Belajar Goblok dari Bob Sadino.”
2. Drs. Suratto Siswodihardjo – pemilik Puri Cikeas perumahannya SBY, lewat buku “The Greatest Secret of Life.”
3. Sendjaja Widjaja, pemiliki Musica Studio, “The Hits Maker.”
4. Jackie Ambadar – pemilik Le Monde – entreprener of the year 2004, “Sukses Besar dengan Usaha Jasa.”
5. Urgyen Rinchen Sim, a protege of John C. Maxwell, “The Server Leadership.”
6. Mike Rini – perencana keuangan, “Smart Money Game.”
7. Lisa Kuntjoro – ratu properti Pondok Indah, “Super Champion.”
8. Muljadi Suhardi – bintang iklan OBH Combi, “Super Sales.”
9. Tirta Setawan – mantan Ketua Umum Asosiasi Real Estat Broker Indonesia, “Sales Kaya Sales Miskin.”
10. Joe Hartanto – investor properti – mentor EU, “Property Cash Machine.”
11. Dr. Ir. Wahyu Saidi – pemilik Grup Bakmi Langgara, “Kiat Sukses Bisnis Restoran.”
12. Evie Ngangi – pemilik Yayasan Tunas Jaka Sampurna, “Lekuk Liku Bisnis Pendidikan.”
13. Dan banyak lagi….

Kami sudah bekerjasama dengan:
1. Penerbit Elex Media Komputindo (Gramedia Grup).
2. Penerbit Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup).
3. Penerbit Hikmah (Mizan Grup)
4. Penerbit Agro Media
5. Dan lain-lain.

——————–

Hubungi segera:
sekolahmenulis@gmail.com
081511417289

——————–

Atau isi formulir di bawah ini, dan kirimkan ke alamat email di atas.
Nama:

Profesi:

Nomor telpon:

Tema buku yang hendak ditulis:

Bahan-bahan tulisan (pilih salah satu):
a. Masih di kepala
b. Sebagian tertulis
c. Seluruhnya sudah tertulis