Stay Calm…Keep Istiqomah

Istiqomah adalah salah satu kata yang cukup sering saya dengar tapi tidak pernah saya kaji. Baru kali ini tergerak hati saya untuk memastikan apa makna dibalik kata berbahasa Arab itu. Itupun karena komentar salah satu rekan blogger di artikel saya sebelumnya yang berjudul “Belajar Cari Uang dari Blog”. Katanya “tetap istiqomah di tengah jalan. jalan kita masih panjang. kita ngga tahu seperti apa jalan berikutnya. kesuksesan datang secara tidak terduga.”

Akhirnya saya cari arti kata itu dan ternyata artinya cukup dalam yaitu melakukan segala sesuatunya hanya karena Allah. Selalu mengaitkan apapun yang kita lakukan dalam rangka menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Saya diam sejenak merenungkan kata-kata ini. Rasanya seperti ditampar karena seringkali dalam banyak hal, terutama pekerjaan yang saya pikirkan hanya uang…dan uang…

Walaupun tujuan saya mencari uang juga untuk membantu perekonomian keluarga kami. Saya dan suami yang jika dilihat dari sisi kemapanan masih jauh dari mapan. Ya, kami punya rumah.. Tapi bukan rumah yang kami impikan untuk kami tinggali. Kami membelinya terpaksa dan kami niatkan untuk membantu. Setelah sedikit renovasi rumah itu kami kontrakan. Sementara saat ini saya dan anak-anak tinggal menumpang dan suami saya tinggal di Rukan tempatnya bekerja di kota lain.

Wajar bukan jika kami berdua berkeinginan untuk mempunyai tempat tinggal juga sebuah kendaraan beratap yang cukup nyaman untuk bepergian. Minimal untuk saya, suami dan kedua anak kami. Tapi kata-kata ini sungguh menohok saya. “Tetaplah istiqomah!” berkali-kali membuat saya beristigfar menyadari kehilafan saya. Karena yang ada di pikiran saya hanya uang.

Padahal saya tahu ketika kita melakukan semuanya karena Allah maka apapun yang kita lakukan itu adalah ibadah. Ibadah itu ganjaran Surga, tempat terindah yang kekal selepas hari penghakiman nanti. Saya juga tahu jika Allah sudah mencintai umatnya maka apa saya akan ia berikan untuk umatnya. Jangankan rumah dan mobil yang bagi-Nya pemilik semesta ini bukanlah apa-apa.

Tulisan ini hanya sebuah catatan untuk saya, mudah-mudahan menjadi pengingat juga untuk kita semua bahwa Uang bukanlah segalanya. Ada yang lebih tinggi nilainya dari itu yaitu kecintaan Allah pada kita. Menjadi hamba yang selalu melakukan apa saja dengan keterikatannya kepada Allah. Hamba yang istiqomah.

Mulai hari ini yuk kita belajar meniatkan segala sesuatunya karena Allah.  Semoga usaha apapun yang kita lakukan akan menjadi berkah. Sekecil apapun yang diperoleh atau bahkan sekalipun tidak ada yang kita dapatkan. Satu yang pasti, Allah akan meridhoi apa yang kita lakukan, sekecil apapun usaha kita jika kita melakukannya karena Allah.

Bekerjalah, menulislah semata untuk beribadah kepada Allah. Tetap Istiqomah apapun yang kita peroleh. Jika Allah sudah cinta…maka apapun yang kita minta Insya Allah akan diberiNya. Cepat atau lambat, disegerakan atau diperlama, karena Allah tahu apa dan kapan saat yang tepat untuk mewujudkan apa yang kita inginkan. Berbagai harapan yang ada dalam setiap langkah kecil yang kita lakukan di  muka bumi ini.***

 

Tinggalkan Balasan

