Hidup Sehat Seru Itu Berawal dari Pikiran Sehat

Hidup sehat seru itu menurut saya berawal dari pikiran yang sehat. Alasannya karena sesehat apapun persiapan kita untuk hidup sehat, mulai dari asupan makanan, gaya hidup, pola hidup, dll. Ketika pikiran kita tidak sehat maka semua itu berujung dengan sia-sia. Agar lebih mudah saya beri contoh kasus ya. Bagaimana bisa pikiran sehat menjadi awal hidup sehat yang seru.

Stress Pembunuh No 1

Stress Pembunuh No 1

Contoh Kasus Pentingnya Pikiran yang Sehat untuk Hidup Sehat

Misalnya kita sudah berbelanja makanan sehat. Stok untuk satu minggu kita simpan dalam lemari es untuk kita olah setiap harinya. Tentunya dengan menu makanan sehat yang sudah kita siapkan untuk satu minggu sebelum berbelanja. Tapi apa daya…cicilan yang belum lunas sementara uangnya sudah digunakan untuk acara dadakan. Tagihan internet bulanan sudah jatuh tempo padahal uangnya juga sudah habis buat beli susu dan diapers anak.

Atau buat kamu yang masih jomblo yang baru aja diputusin pacar dan ditinggal pacar nikah. Wew….Stress berat deh pokoknya. Alhasil semua stok di kulkas itu membusuk karena tidak diolah untuk dijadikan asupan sehat yang seharusnya dikonsumsi pada minggu tersebut. Lalu apa yang kamu makan? Akhirnya ketika lapar berat melanda mie instant atau nasi rames dari warung depan menjadi santapan. Sedangkan gizi dan berbagai kandungannya tidak bisa dijamin 100%.

Kasus yang ke-2 makanan sehat dengan menu 4 sehat 5 sempurna sudah siap di atas meja. Tapi banyak pikiran yang mengganggu kamu dan membuat kamu tidak berselera untuk makan. Akhirnya makanan-makanan sehat itu tidak kamu santap. Sebaliknya, kamu justru rokok, mengkonsumsi makan-makanan manis dan lemak berlebih, atau soda berharap mengurangi stress kamu. Lebih parah lagi minuman beralkohol dijadikan pelampiasaan. Padahal, Hmmm…semua itu bisa bikin kamu sakit. Tidak sekarang, tapi nanti…

Kasus berikutnya Makanan sehat sudah tersedia dan kamu tinggal menyantapnya. Tapi banyak hal yang harus kamu lakukan karena kamu ingin semua permasalahan atau pekerjaan yang bikin kamu stress cepat terselesaikan. Akhirnya…tinggalah makanan-makanan itu di rumah. Kamu pergi seharian kesana kemari dan ketika saatnya kamu makan yang kamu makan tiada lain makanan-makanan cepat saji, makanan berlemak dan berkolesterol tinggi, atau jika dalam keadaan darurat bisa jadi gorengan yang murah meriah yang dijual mamang di pinggir jalan. Hasilnya…Asupan makanan menjadi tidak sehat dan justru memiliki banyak efek buruk untuk tubuh kamu.

Tiga kasus saja sepertinya sudah cukup mewakili ya. Bagaimana bisa pikiran yang tidak sehat menjadi halangan untuk kamu agar bisa hidup sehat. Sebaliknya, ketika pikiran kamu sehat maka asupan sehat. Sesederhana apapun itu disajikan, semurah apapun harganya, sealakadarnyapun bisa membuat hidup kamu menjadi sehat dan bisa menikmati hidup yang seru.

Motivasi Hidup Sehatku

Dulu, berasa banget, apalagi waktu di Bandung. Tidak cuman saya yang sering sakit alias penyakitan, tapi juga suami dan anak. Kenapa…salah satunya ya karena pikiran kita yang enggak sehat. Suami enggak betah tinggal di Bandung. Banyak kondisi yang bikin bawaannya jadi sensitif. Akhirnya jadi sering diem-dieman. Klo udah kaya gini anak jadi korban. Katanya anak tuh punya ikatan batin yang kuat sama Ibunya. Kalau Ibunya lagi stress atau uring-uringan dia juga jadi turun imunitasnya. Akhirnya sakit.

Walaupun cuman batuk pilek tapi kalau keseringan kan kasian juga. Jadi enggak ceria lagi, sering rewel, dan bikin saya jadi kepancing suka emosi jiwa juga. Kalau udah gini semuanya enggak ada yang beres. Gimana mau hidup sehat coba? Begitupun waktu awal-awal tinggal di sini yang berbarengan dengan obsesi buat kontrakan di Bandung. Maksud hati biar ada tambahan penghasilan pasif kan lumayan.

Ternyata renovasi itu tidak semudah yang dibayangkan. Matrial yang mahal, tukang yang mahal apalagi klo kerjanya enggak bener, lama, banyak maunya, dll…bikin stress walaupun cuman dapet laporannya aja. Berat badan berkurang drastis 7kg. Padahal udah mulai hamil anak ke-2 tuh. Alhamdulillah semuanya selesai dan akhirnya berubah halauan dan saya mulai berpikir dan memotivasi diri agar bisa hidup sehat dan mengawalinya dari pikiran yang sehat.

 

Tips Hidup Sehat Seruku

Ketika pikiran kita sehat maka bisa dipastikan kita akan dengan mudah untuk hidup sehat. Untuk itu maka ada beberapa tips hidup sehat seru yang ingin saya bagikan. Tentunya tips hidup sehat seru yang saya jalankan hingga saat ini. Berikut tipsnya:

  • Tidur cukup

Tidur cukup itu untuk saya bukan sekadar lamanya, tapi juga kualitasnya. 5-8 jam sehari rasanya sudah lebih dari cukup. Kalau malam harus terbangun untuk beraktivitas. Shalat malam atau mengerjakan perkerjaan yang belum selesai selama 2-3 jam setelah subuh tidur lagi 1-2 jam aja. Idealnya sih dibayar pas tidur siang. Tapi seringnya karena berasa ngantuk berat saya sering menyerah untuk tidur lagi.

  • Jangan Melamun/bengong.

Melamun atau bengong ini sungguh kebiasaan yang tidak sehat. Akhirnya saya menuliskan apa yang berseliweran di kepala saya di laptop atau di atas kertas. Pastinya harus ada aktivitas yang dilakukan. Dengan begitu pikiran kita tidak akan dirasuki pikiran negatif dan aneh-aneh tapi sebaliknya. Logika kita semakin terasah hingga akhirnya mendapatkan solusi dan jalan keluar dari permasalahan yang sedang kita hadapi.

  • Isi waktu dengan hobi dan pekerjaan kamu.

Ketika ada waktu luang maka yang saya lakukan adalam mengisi waktu dengan membaca atau menulis. Alhamdulillah hobi ini juga  sekaligus menjadi sesuatu yang menghasilkan. Jadi tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Menulis

Menulis

  • Ketika ada Masalah, Segera cari Solusi.

Manusia tidak pernah lepas dari masalah. Semua orang pasti memiliki masalah. Hanya saja kadar and tingkat kesulitannya yang berbeda. Masalah inilah yang seringkali menjadi biang stress. Itulah sebabnya ketika ada masalah yang saya lakukan adalah segera mencari solusinya. Bisa dengan mencari tahu sendiri, curhat pada orang terdekat yang bisa dipercaya, atau menuliskannya sebagai bentuk terapi sekaligus cara mendapatkan solusi. Jika sudah ada solusinya maka pikiranpun otomatis bisa sehat kembali.

  • Kendalikan Emosi.

Mengendalikan emosi penting untuk pikiran yang sehat. Karena faktanya kemarahan itu membuat kondisi badan kita berubah pada kondisi yang tidak sehat. Mulai dari detak jantung, kesehatan kulit, dll. Untuk itu ketika ada sesuatu yang membuat kita marah lebih baik menjauh. Bisa juga tarik nafas yang dalam dan mengeluarkannya perlahan atau minum. Dalam agama saya diajarkan mengendalikan emosi dengan cara duduk jika kita marah ketika sedang berdiri, jika tidak juga reda maka berbaring. Jika masih berwudhu, beristigfar atau shalat. Biasanya saya melakukan salah satunya sesuai dengan kadar emosi saya pada saat tersebut. And its works!

 

  • Nikmati Hidup.

Sebagai manusia kadang yang ada di pikiran kita adalah banyaknya kekurangan atau banyak hal yang tidak kita miliki. Dan percayalah, semua itu hanya akan membuat kita bertambah stress. Itulah sebabnya saya belajar untuk menikmati hidup. Menikmati apa yang saya miliki saat ini. Mulai dari badan yang sehat, lengkap, dan sempurna, anak yang lucu dan tingkah polahnya, makanan dan minuman yang sedang saya nikmati,  dll. Sekecil apapun itu disyukuri hingga terasa nikmatnya.

  • Bergeraklah

Bergerak mulai dengan menjalani aktivitas harian beres-beres kamar, nyapu, ngepel, jalan kaki anterin anak sekolah, shalat dengan teratur dan cara yang benar, dll. Pokoknya aktivitas menggerakan badan dengan cara dan sikap badan yang benar. Dengan pergerakan yang dilakukan membuat darah kita juga mengalir dengan aktif. Hasilnya tentu tubuh yang sehat dan penyakit enggan menyerang.

Bersepeda di Pagi Hari

Bersepeda di Pagi Hari

  • Minimalisir mengkonsumsi makanan atau minuman yang berakibat buruk untuk kesehatan.

Jujur saya bukan orang yang konsisten dalam menjaga makanan dan minuman yang saya minum selalu makanan dan minuman sehat. Oleh sebab itu yang saya lakukan adalah meminimalisirnya. Dengan begitu prioritas utama tetap mengusahakan asupan yang sehat untuk tubuh.

minuman bersoda

No Soda

  • Segera minum air putih ketika kehausan.

Air adalah salah satu unsur yang paling penting dalam tubuh kita. Tuhan sudah menciptakan tubuh kita dengan begitu sempurna. Termasuk signal bahwa tubuh kita membutuhkan air segera. Itulah sebabnya saya memang bukan penggila dan memaksakan untuk minum air putih yang banyak. Tapi ketika saya haus atau air seni saya berwarna kuning maka itu pertanda saya kekurangan air dan harus segera memenuhi kekurangan tersebut.

Wah, panjang ya ternyata hidup sehat seru ala saya. Intinya saya sangat percaya bahwa hidup sehat seru itu berawal dari pikiran yang sehat. Alhamdulillah setelah konsisten menjalaninya beberapa bulan terakhir ini penyakit tidak mau menyerang tubuh saya. Semoga pengalaman, motivasi dan tips yang sudah saya uraikan di atas juga bisa kamu lakukan dan bermanfaat untuk kamu. Jalani dengan konsisten dan saya sudah membuktikannya sendiri. Selamat mencoba! ***

Tulisan ini diikut sertakan ke dalam Kontes #HealthAgent Sharing Inspiration Blog Contest yang diselenggarakan oleh @Nutrifood

Tinggalkan Balasan

