Ospek Kreatif, Gokil, dan Seru Versi Gue

Klo ditanya “Ospek Kreatif, Gokil dan Seru yang Ada di Pikiran Lo?” Dengan senang  hati akan gue jawab secara panjang x lebar. Soalnya gemes aja dengan ngelihat ospek-ospek yang ada di Indonesia saat ini. Setiap penerimaan mahasiswa baru, pasti ada aja berita tentang ospek yang enggak banget. Nah loh, penasaran kan ospek yang enggak banget yang kaya gimana?

Ospek yang enggak banget:

  • Ospek yang bikin capek setengah mati mahasiswa mahasiswinya. Ospek yang bikin calan Mahasiswa Baru (Maba) enggak tidur semaleman karena ngerjain tugas ospek semacam tas atau prakarya berbentuk aneh, atau mengukir sandal jepit berwarna tak lazim menjadi karya seni, dll yang besoknya harus udah jadi. Sementara pada hari itu MaBa baru pulang ospek jam 7 malam. Mana toko udah pada tutup jam segitu, belum lagi rumah yang jauh di pinggiran kota…pengalaman adik gue ini…kasian bgt deh mpe bikin dia nangis-nangis. #Hug
  • Ospek yang pake kata-kata kasar. Walau bagaimanapun MaBa juga manusia maka seyogyanya diperlakukan sebagai manusia tentunya dengan prikemanusiaan. Jadi kampungan banget kalau ada Senior yang marah-marah pake kata-kata kasar. Apalagi sampai bawa semua penghuni kebun binatang. Sekalian aja jadi penjaga marga satwa Mas!
  • Ospek yang ada acara-acara senior melecehkan juniornya. Pelecehan apapun alasannya sangat tidak dibenarkan. Bulying itu menyakitkan dan enggak banget tau!! Apalagi sampai bikin Maba Trauma enggak mau kuliah karena malu, atau takut sama Senior. Nah Loh? Padahal orangtuanya udah keluar duit banyak banget buat daftarin anaknya masuk ke kampus itu. Belum lagi usaha dia mati-matiaan buat bisa diterima di universitas tersebut. Bisa kalian bayangkan bagaimana tragisnya sisa hidup mahasiswa atau mahasiswi baru ini? Oh my goodness….
  • Ospek yang enggak masuk akal. Enggak masuk akal karena harus bawa sesuatu yang emang sebenernya enggak ada alias akal-akalan aja biar Senior bisa marah-marah dan mencaci maki juniornya karena dianggap eggak becus.
  • Ospek yang buang-buang duit. Buat masuk kuliah aja udah muahal banget sekarang. Dan percaya deh, dari tahun ke tahun selalu naik. Enggak yang negeri apalagi yang swasta. Apalagi kalau ditambah biaya Ospek dan berbagai keperluannya yang sampai beratus-ratus ribu. Kasian sih mereka yang enggak mampu. Masa gara-gara Ospek jadinya mereka enggak bisa jadi Mahasiswa Baru?
  • Ospek yang penuh dengan kekerasan. Ini juga udah enggak jaman keless… Sekalipun dengan alasan menguji mental dan fisik MaBa. Enak aja Senior nyiksa-nyiksa Junior. Apalagi sampai berdarah-darah atau bahkan berakhir dengan kematian. Hey, mahasiswa itu bukan Algojo! Kalian berpendidikan, kok masih musim pake kekerasan. Please deh….

Nah, dari beberapa poin yang tadi kita bahas, tentunya kita bisa ambil kesimpulan Ospek seperti apa yang Kreatif, Gokil dan Seru versi Gue. Tentunya yang pertama adalah dengan tidak adanya unsur-unsur yang terdapat pada poin-poin yang udah gue sebutin di atas.

Ospek Versi Gue

Ospek Versi Gue

Ospek dilakukan sesuai dengan tujuannya yaitu sebagai Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Saat Ospek adalah saatnya mahasiswa baru dikenalkan pada berbagai hal yang menyangkut kampusnya. Mulai dari mengenal semua sudut-sudut kampus serta kegunaannya. Kalau perlu dikenalkan dengan semua staf-stafnya. Jadi pas udah kuliah nanti mereka enggak canggung lagi untuk mengurus ini itu.

Dikasih tahu juga ruangan-ruangan dan berbagai fasilitas yang disediakan oleh kampus yang bisa mereka gunakan. Pun prosedur untuk menggunakannya. Biar mereka enggak katro ketika akan mempergunakan berbagai fasilitas kampus tersebut. Selain itu juga pada berbagai kegiatan yang ada di kampus. Tujuannya untuk memberi gambaran sejelas-jelasnya tentang bagaimana perkuliahan akan berlangsung, seperti apa dosen-dosennya, tugas-tugasnya, dll. Sekali lagi ini bukan untuk menakut-nakuti ya, tapi untuk memberi gambaran yang jelas. Jadi tolong jangan diperbuas ya…

Dengan begitu para mahasiswa baru ini tahu pasti apa yang harus mereka rencanakan dari awal kuliah hingga akhirnya mereka bisa lulus dengan baik dari kampus tersebut. Rencana yang matang tentu akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik pula dibandingkan yang setengah matang bukan? Mereka tahu mata kuliah apa saja yang akan mereka pelajari serta tahapan-tahapan yang harus mereka lalui untuk bisa lulus dan memperoleh gelar tertentu seperti apa yang mereka atau orang tua mereka cita-citakan.

Satu lagi yang tidak boleh dilupakan. Saat Ospek adalah saat mereka menjajaki universitas tempat mereka akan menuntut ilmu. Tempat mereka akan didewasakan terutama dalam pola pikir. Itulah sebabnya Ospek juga menjadi ajang untuk menananmkan rasa kecintaan dan kebanggaan kepada para Mahasiswa Baru akan Universitas tempatnya menuntut ilmu termasuk para seniornya. Dengan begitu segala hal yang ia lakukan kelak tentunya mampu ia pertanggungjawabkan. Selalu menjaga nama baik kampus kebanggaannya dengan bertindak baik dan benar sesuai dengan visi misi universitas pilihannya itu.

Semua itu diracik panitia ke dalam rangkaian acara Ospek yang menyenangkan. Tidak hanya bagi Senior tapi juga bagi Junior yang menjadi pesertanya. Jadi sekalipun tujuannya serius semua dilakukan dengan santai dan kekeluargaan. Banyak permainan ataupun kegiatan yang bisa diadaptasi baik dari dalam maupun luar negeri untuk dijadikan sebagai rangkaian acara ospek. Tentunya dengan sasaran yang diinginkan. Mulai dari tim building, kepemimpinan, kemandirian, loyalitas, mentalitas tinggi, dll.

Kalau sudah begini semua mahasiswa baik senior maupin junior, serta pihak universitas tentu bisa bersinergi untuk memajukan almamaternya. Selain itu semua pihak turut serta menjadi agen perubahan universitas tersebut ke arah yang lebih baik. Hasil akhirnya tentu lulusan universitas tersebut yang memiliki kualitas yang baik yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa, dan para calon pemimpin bangsa yanga kan membawa bangsa kita menjadi bangsa yang lebih baik lagi. Karena walau bagaimanapun pendidikan adalah salah satu tonggak kemajuan suatu bangsa.

That’s all…Ospek kreatif, gokil, dan seru versi gue. Setidaknya menjadi Ospek ideal yang ada di angan-angan gue. Jadi kalau suatu saat gue punya universitas maka ospek yang seperti ini yang akan gue terapkan di Kampus Gue. Ayo siapa yang mau daftar? Huahahahahah….#ngimpi.***

GIVE-AWAY-banner

Iklan

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s