Puas Makan Nasi Kebuli Puas

Entah kenapa makanan yang berbau kambing identik dengan makanan khas orang Arab seperti nasi kebuli ini. Tentunya dengan bau khas minyak samin yang khas yang juga tercium ketika saya nikmati nasi kebuli di Kota Batik Pekalongan ini. Di kota ini WNI yang berdarah campuran atau murni Arab cukup mendominasi bahkan bermukim di beberapa kawasan yang dikenal dengan kampung Arab.

Itulah sebabnya ke manapun kaki melangkah dengan mudah ditemukan wajah-wajah Arab dengan hidung mancung dan alis tebalnya. Begitupun dengan makanan-makanan khas Arab seperti nasi kebuli yang satu ini. Salah satu tempat yang banyak diburu untuk menikmati nasi kebuli ini berada di Jl. Surabaya No.32.

Rumah Makan Puas

Rumah Makan Puas

Sekilas tempat ini memang tidak nampak seperti sebuah restoran karena memang penampilannya jauh dari kesan itu. Seperti rumah-rumah pada umumnya yang berada di kiri kanannya. Benar-benar tidak mencolok atau unik sama sekali, pun engan interiornya. Untungnya sebuah plang berlabel Rumah Makan PUAS cukup membantu menemukan lokasi kuliner yang satu ini.

Setelah masuk barulah suasana rumah makan mulai terasa. Beberapa meja dan kursi makan berbahan rotan berwarna cokelat tua berjejer rapi memenuhi setiap ruang di rumah makan ini. Kipas berbentuk baling-baling juga bergelantungan di langit-langit setiap ruangan yang cukup mendinginkan setelah berpanas-panas di kota Pekalongan. Kota pantai yang suhunya bisa mencapai 40°C pada siang hari yang terik.

Jika ingin lebih nyaman lagi dan tanpa asap rokok Anda bisa pilih di ruangan ber-AC. Itupun jika beruntung karena seringkali ruangan ini menjadi ruang yang sering di pesan untuk meeting, arisan atau acara-acara lainnya. Begitupun hari ini kami harus puas menempati kursi di ruang tak ber-AC.

Pesananpun datang…inilah sang primadona, apalagi kalau bukan nasi kebuli yang menjadi salah satu menu andalan di rumah makan ini. Satu piring lengkap dengan daging kambing bumbu kecap dan rendang ditambah acar buah yang didominasi nanas yang lengkap dengan wortel dan potongan cabai beraneka warna.

Nasi Kebuli Puas

Nasi Kebuli Puas

Wanginya membuat tak sabar untuk mencicipi nasi kebuli yang sudah terhidang di atas meja dengan cantiknya. Suapan pertama merasakan nasi kebulinya yang benar-benar kaya rasa. Selanjutnya daging kambing bumbu kecap, rendang, dan acarnya. Tapi kenikmatan itu benar-benar terasa setelah mencoba mencampurkan bumbu rendang dan nasi kebulinya ditambah acar buah yang segar.

Wih…uenak tenan! Walaupun perut rasanya sudah cukup kenyang tapi tak tega rasanya membiarkan nasi kebuli di piring saya bersisa. Porsi kenyang ini hanya dibandrol dengan haga Rp22.500,- saja. Tidak hanya memuaskan lidah tapi juga memuaskan perut.

Selain nasi kebuli masih banyak menu lainnya yang kebanyakan serba kambing mulai dari gulai sumsum kambing, sate ati kambing, dll. Minumannya juga cukup bervariasi mulai dari berbagai macam teh atau teh manis, jus, susu, dll. Tinggal pilih yang paling pas dengan selera Anda dan tentunya dengan kapasitas perut Anda.

Alasanya karena beragam es yang tersedia ternyata porsinya tak kalah mengenyangkan dengan nasi kebulinya. Tak salah jika rumah makan yang berdiri sejak 35 tahun silam ini diberi nama Puas karena memang membuat kita merasakan Puas yang sesungguhnya.***

Iklan

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s