Ini Loh Resep Seblak Asli

Resep seblak asli tidak banyak diketahui banyak orang karena buktinya banyak penjual seblak yang ternyata rasanya tidak seperti seblak asli tapi laris manis. Artinya penjual dan pembeli sama-sama tidak tahu toh seblak yang sebenarnya dan seperti apa rasanya. Ketika ada kerupuk mentah dan toping lainnya bersatu dan berasa pedas itulah seblak. Padahal sebenarnya itu bukan seblak loh pemirsa. (Wah enggak bener nih). Sebagai  ‘Seblaker’ sejati saya harus meluruskannya. Hehe…

Sewaktu istilah seblak ini mulai muncul dan seringkali terdengar di Bandung Selatan yang notabene adalah kawasan tempat tinggal saya.  Sekira tahun 2003-2004 dan baru booming 1 -2 tahun belakangan. Saking penasarannya saya minta diajari seorang teman yang sering ‘Nyeblak’ (Red: Memuat seblak untuk dimakan beramai-ramai). Dan kamipun langsung praktek membuat seblak Original alias asli Bandung.

Bahan utamanya tentu kerupuk kemplang dengan merk Sumber S***. Kerupuk ini sudah terkenal dari dulu karena rasanya yang gurih dengan aroma ikan yang terasa. Begitupun dengan tekstur kenyalnya ketika diproses menjadi seblak. Menghasilkan kekenyalan yang pas luar biasa 😀

Selain itu tentu bumbu originalnya yang tidak banyak diketahui orang. Ini loh bumbu rahasianya:

Bawang merah, bawang putih, garam, cabai rawit, dan kencur. Nah, dua bahan terakhir inilah yang menentukan rasa dan aroma seblak asli. Untuk berapa banyak komposisinya disesuaikan dengan berapa banyak kerupuk mentah yang akan dibuat seblak. Ibu-Ibu yang sering masak pasti udah jago nih yang beginian 😉

Bahan-bahan ini diulek secara tradisional dengan menggunakan cobek dan ulekannya sampai halus. Jika sudah halus, Tara… Jadilah bumbu seblak original. Selanjutnya siapkan wajan dengan minyak goreng secukupnya untuk menumis. Ketika menumis harumnya aroma seblak mulai tercium. Siap-siap untuk bersin-bersin karena aromanya begitu menyengat, apalagi jika cabai rawit yang digunakan cukup banyak.

Setelah itu masukan air secukupnya disesuaikan dengan kerupuk mentah yang akan dibuat seblak lalu diaduk rata. Langkah selanjutnya tunggu campuran kuah seblak mendidih lalu masukan kerupuk mentah lalu tutup wajan agar bumbu meresap dan kerupuk dapat matang sempurna. Jika kuah terlihat sudah setengahnya maka masukan sedikit garam dan gula pasir secukupnya dan aduk sampai tercampur merata.

Tutup lagi wajan hingga kerupuk mulai alot. Jika ternyata masih keras dan air sudah hampir habis Anda bisa tambahkan air panas lalu tutup kembali. Jika air telihat hampir surut dan kerupuk sudah alot maka aduk-aduk hingga mencapai kekentalan kuah yang Anda inginkan. Tara!!! Jadi deh seblak asli Bandung ini.

Karena saya masih kesulitan menyimpan cabai rawit yang selalu berakhir dengan membusuk, maka cabai rawit ini sering kali saya ganti dengan cabai bubuk seperti yang saya buat kali ini. Kali ini saya juga mengganti topingnya dengan kerupuk sanggul yang berwarna warni dan mie untuk mendapatkan sensasi kekenyalan berbeda. Karena masih ada stock irisan daun bawang saya tambahkan sedikit agar lebih beraroma dan inilah hasilnya. MMmmmh….Yummy. Resep seblak asli alla Bunda Qilla. Selamat mencoba! 😉

Seblak Bunda Qilla

Iklan

31 Comments

  1. Salam kenal juga. Dicoba aja mbak… beda kerupuk membuat rasanya semakin bervariasi. Banyak kok yang bisa dipakai makaroni, kerupuk mie (di singapore ada ga ya?), kerupuk sanggul, dll. Initnya berbagai bahan makanan. Kecuali spagheti ya. Udah pernah nyoba dan enggak enak…karena bumbunya tuh enggak bisa meresap kaya kerupuk berbahan kanji atau tepung.

  2. slam knal.bnda hr isnin bsok sya cba jualan seblak disklah krn dikmpku blum ada sblak.yg jdi maslah,sya bca2 resep bnyk yg direndam air pnas.klau dirndam dlu apa tdk melar.klau mentah lngsung mskan kebumbu apa tdk trlalu lma.mint solusinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s