Sulitnya Mengingat Usia

Mengingat Usia kadang menjadi hal yang sangat sulit. Kebanyakan orang lebih mengingat tahun lahir mereka dibandingkan dengan usia mereka saat ini. Mungkin itu juga yang membuat muncul istilah-stilah seperti:

‘Inget Umur!’

‘Angkatan Tua’

‘Angkata Babe Gue’

‘Waktu muda dulu’

‘Jadul banget’ atau istilah kerennya ‘Retro’

Istilah-istilah itu muncul karena sebagian besar orang memang tidak mengingat usia mereka. Jika di tanya berapa usianya?, maka yang terjadi adalah diam sejenak, pandangan mata ke atas, dan bergumam menghitung tahun saat itu dikurangi tahun lahir….labih dari 1 menit orang akan menjawab. Tapi jika ditanya tahun berapa lahir?, maka jawaban akan muncul kurang dari 1 detik. Begitulah realita sulitnya mengingat usia.

Mengingat usia biasanya kita lakukan setidaknya 1 tahun sekali. Saatnya yaitu ketika 1 hari sebelum hari ulang tahun kita. Mulailah menerawang, flash back ke belakang, bahkan terlalu jauh ke  belakang. Mengingat momment-momment yang terjadi di sepanjang usia kita.

Mulai dari balita, TK, masa-masa jadi anak SD, masa-masa labil di bangku SMP, masa pencarian jati diri di SMA, dan masa penuh perjuangan pada masa kuliah dan pencarian kerja, sampai menjelang Pernikahan Anda, jika Anda sudah mempunyai anak terbayang juga ketika Anda melahirkan dan saat ini, bayi mungil itu sedang bermain dengan Anda.

Kejadian-kejadian itu seolah membentang di hadapan Anda layaknya sebuah cuplikan film. namun film ini seolah mempermudah Anda untuk mengatasi sulitnya mengingat usia. Namun sebenarnya ada baiknya juga jika Anda memang tidak mengingat usia Anda. Karena banyak hal buruk juga yang terjadi jika Anda selalu mengingat-ingat usia Anda.

Minder

Perasaan ini kadang muncul ketika Anda melihat orang-orang yang jauh lebih muda dari usia Anda. Akan tumbuh ketika apa yang mereka capai melebihi apa yang sudah Anda dapatkan pada usia Anda saat ini.

Lemah

Perasaan ini muncul sebagai bentuk sugeti negatif dalam diri Anda karena mengingat usia Anda yang tidak muda lagi. Hal ini tak jarang membuat Anda jadi malas melakukan pekerjaan produktif karena Anda merasa kondisi fisik Anda sudah lemah.

Mudah Menyerah

Mengingat usia kadang membuat timbulnya perasaan menyerah yang terlalu dini. Anda merasa di usia Anda saat ini sudah tidak akan mampu mencapai sesuatu, jadi Anda merasa lebih baik menyerah dibandingkan pada akhirnya tetap tidak berhasil.

Sakit

Dengan mengingat usia apalagi di depan cermin, sambil melihat perubahan kondisi fisik Anda membuat Anda stress. Stress akut menimbulkan depresi yang membuat penuaan semakin cepat dari usia Anda yang sebenarnya. Akhirnya kondisi fisikpun terganggu dan Anda jatuh sakit.

Hal-hal tersebut sering dialami ketika usia Anda sudah tidak muda lagi, atau dengan kata lain lanjut usia atau menjelang lanjut usia. Karena tidak ada siapapun di dunia ini yang dapat mencegah usia yang semakin tua, dengan menghentikan waktu misalnnya. Menghentikan waktu untuk dirinya sendiri tapi tidak untuk orang lain. Tidak mungkin :). Jadi mulai saat ini, tidak usah takut jika Anda kesulitan mengingat usia Anda.***

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s