Personal Management

Tidak pernah ada akhir jika tidak ada awal. Tak ada hasil jika tidak dikerjakan. Dan..tidak ada pekerjaan jika tidak dimulai..sebesar apapun niat yang ada di dalam hati. Semenggebu apapun semangat yang ada dalam diri. Kita hanya perlu memulai saja. Just say Action and do that!!

Semua proses berawal dari sebuah imajinasi. Adanya gambaran apa yang akan dibayangkan dan gambaran itu adalah tujuan yang ingin kita capai. Target dari proses yang harus dilakukan. Dalam management kita kenal dengan istilah P.O.A.C. Satu lagi saya tambahkan ‘A’ untuk Achievment. Semua proses ini karena saya utamakan untuk pribadi saya namakan ‘Personal Management‘.

Planing
Tahap pertama dari personal management ini adalah Planing = Merencanakan..diawali dengan niat tentunya. Lalu diolah di otak menjadi sebuah gambaran yang jelas tentang tujuan yang ingin dicapai serta strategi yang akan diambil untuk mencapainya. Jangan lupa membuat Plan B untuk mengantisipasi kemungkinan gagalnya Plan A.
Kebanyakan orang berhenti sampai pada tahap ini. Banyak alasan yang dijadikan kambing hitam dari tidak berjalannya suatu usaha. Tapi tidak usah khawatir karena Anda sudah 1 langkah lebih maju dari orang yang hanya berniat saja. 🙂

Organizing
Kegiatan mengorganisasikan ini dalam personal management adalah mengelompokan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan misi pencapaian tujuan. Termasuk SDM yang diperlukan untuk proses pengerjaan nanti.
Biasanya terhambat jika apa yang akan diorganisir tidak tersedia. Tapi tenang..jika anda bersolo karir atau bekerja seorang diri..mulailah buat jadwal kerj untuk mengatur apa-apa yang dibutuhkan termasuk management waktu dengan sebaik mungkin.

Actuating

Bertindak adalah langkah yang paling berat dalam personal management ini. Membutuhkan banyak keberanian dan banyak pengorbanan. Bismillah saja tidaklah cukup jika tidak disertai dengan tindakan. Ini saatnya Anda menentukan keberhasilan dari apa yang selama ini Anda tuju. Apa yang Anda rencanakan dalam planing yang telah dibuat sebelumnya.

Yakinlah akan ada kemudahan jika usaha yang akan Anda jalankan halal dengan tujuan untuk beribadah. Misalnya membantu suami dalam kehidupan perekonomian keluarga Anda, membantu orang tua mengatasi permasalahan keuangannya, dan lain sebagainya. Berhasil atau tidak itu urusan nanti, yang penting bertindaklah. Lakukan semua perencanaan yang telah dibuat di awal. Setidaknya Anda sudah memulai, dan jangan pernah berpikir untuk kembali.

Controlling

Jika sudah sampai pada tahap ini, Anda sudah bisa sedikit bersantai dalam menjalankan personal management ini karena semua sudah dilakukan sesuai dengan rencana. Hanya perlu waspada dan tidak membiarkan diri Anda terbuai dengan keuntungan awal yang di dapat. Tetaplah usahakan semua berjala sesuai dengan jalurnya. Sama persis dengan SOP (Standar Operation Procedur-nya). Hal itu dilakukan agar keuntungan semakin hari semakin bertambah. Dengan begitu, bisnis yang Anda pilih nantinya bisa menjadi lebih besar dan lebih besar lagi.

Achievment

sebetulnya bagian yang ini relatif karena setiap orang memiliki tingkat kepuasan yang berbeda dalam pencapaian yang sama. Setiap titik pencapaian tujuan yang Anda sudah dapatkan akan menuntut pencapaian-pencapaian lain yang lebih besar lagi. Seperti kodratnya manusia yang tidak pernah puas. .

Namun dalam hal ini akan berdampak positif tentunya untuk kemajuan usaha Anda. Membuat Anda terus mengembangkan dan menambah produk yang Anda jual baik barang maupun jasa. Seperti falsafah hidup saya yang menganggap bahwa hidup ini seperti lari marathon. Sedikit demi sedikit berlari terus pada akhirnya akan sampai ke garis finish.

Berlari dengan kecepatan konstan biasanya lebih baik dibandingkan dengan cepat di awal. Artinya segala yang dilakukan memang membuntuhkan perencanaan yang matang. Setelah jarak tempuh pertama terlewati terus maju ke jarak tempuh berikutnya, dan begitulah seterusnya. Hingga akhirnya sampai pada garis finish dan Anda menjadi juaranya. Terus berusaha, berdoa, bersyukur, dan berbagi atas apa yang telah didapat dari kerja keras Anda, Insyaallah menjadi berkah.

Sebetulnya ini adalah tulisan untuk menyemangati diri saya sendiri, mengingatkan diri saya untuk segera bertindak. Hmmm..menjalankannya memang tidak semudah menuliskannya. Tapi…Saya akan berusaha. Bismillah…Mudah-mudahan Anda juga terispirasi dengan tulisan ini. Semoga bermanfaat dan selamat menjadi The best personal manager for your self. ;).***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s