Tips Memilih Sekolah yang Tepat

Tips memilih sekolah yang tepat untuk anak, adik, atau keponakan menjadi penting di saat mereka akan menuju ke tingkat sekolah yang lebih tinggi. Dari TK ke SD, SD ke SMP, atau dari SMP ke SMA.

Banyak yang harus kita pertimbangkan untuk memilih sekolah yang tepat untuk mereka. Salah sekarang akan menjadi fatal di kemudian hari. Bukankah penyesalan selalu datang terakhir?

Oleh karena itu, tips memilih sekolah yang tepat ini bisa Anda jadikan barometer untuk memilih sekolah yang terbaik, bukan terfavorit karena belum tentu sekolah favorit adalah yang terbaik.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk memilih sekolah yang tepat:

  1. Akreditasi

Sekolah yang dipilih hendaknya sekolah yang sudah terakreditasi. Sekolah tersebut mendapat pengakuan dari negara, sehingga tidak akan ada masalah yang timbul di kemudian hari ketika ternyata ijazah nya tidak diakui, atau sekolah tersebut seudah tidak ada lagi. Ini akan sangat menghabat pendidikan anak untuk melangkah ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

  1. Pendidik

Pendidik memiliki peran yang penting dalam menentukan output dari siswa yang mengenyam pendidikan di sekolah tersebut. Pilihlah  sekolah yang memiliki guru yang berkualitas, berdedikasi tinggi, disiplin, jujur, bijaksana, serta berwawasan luas layak untuk diperhitungkan. Setidaknya 80% dari pengajarnya memiliki kriteria tersebut agar dapat menjaga  amanat dari para orang tua wali untuk mendidik putra putri mereka secara akademis dengan tidak mengabaikan pendidikan budi pekertinya.

  1. Fasilitas

Sekolah yang dipilih hendaknya memiliki fasilitas yang mumpuni, sehingga siswa siswinya dapat menjalankan kegiatan belajar maupun extrakulikuler mereka dengan baik. Fasilitas yang disediakan sangat mendukung dalam pendidikan akademis di sekolah tersebut. Dengan begitu, siswa dapat memiliki prestasi dan juga dapat menyalurkan bakat mereka. Jika sudah terkondisikan seperti itu maka orang tua siswa tidak perlu khawatir anaknya terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif.

  1. Ekstrakulikuler

Sekolah yang baik biasanya memiliki kegiatan-kegiatan ektrakulikuler yang lengkap. Siswa memiliki beberapa alternatif pilihan untuk menyalurkan bakat atau hobi mereka di sekolah dan juga untuk bersosialisai dengan teman-temannya. Hal ini membuat tidak ada lagi waktu untuk mereka melakukan hal-hal yang tidak berguna yang nantinya akan merugikan mereka sendiri di masa depan.

  1. Lulusannya

Lulusan yang berprestasi, memiliki perangai yang baik, dan memiliki pergaulan yang baik biasanya lahir dari sekolah yang baik pula. Itulah sebabnya sekolah tersebut dapat menjadi salah satu pilihan untuk diperhitungkan diantara sekolah lain. Hal ini dapat dijadikan cermin, setidaknya bagi siswa yang lainnya untuk dapat mengikuti jejak keberhasilan para lulusannya.

  1. Lokasi

Lokasi yang tepat juga patut diperhitungkan dalam memilih sekolah. Hendaknya pilih sekolah yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Perhatikan jalur transportasinya, jangan sampai terkena jalur macet. Jika pun tidak ada pilihan lain setidaknya ada jalan alternatif yang bisa digunakan agar nantinya siswa tidak selalu terlambat sampai ke sekolah. Jarak yang lama dan kemacetan dapat menyebabkan kelelahan dan stress, sehingga nantinya menjadi bumerang untuk anak kita.

  1. Biaya

Di masa sekarang ini sekolah menjadi salah satu yang memiliki budget yang cukup tinggi, apalgi di sekolah-sekolah favorit, oleh karena itu sekali lagi saya tekankan bahwa sekolah favorit belum tentu sekolah yang baik. Cari informasi berapa biaya untuk bersekolah di sekolah tersebut. Jika memang sebanding dengan yang didapatkan dan kita mampu tidak masalah, tapi jika tidak, maka tidak usah dipaksakan daripada nantinya malah menghambat pendidikan anak.

Semoga tips ini dapat membantu Anda yang saat ini sedang kebingungan memilih sekolah untuk anak, adik, atau keponakan Anda. Selamat memilih 😉 ***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s