Manfaat Mendongeng untuk Anak

Manfaat mendongeng untuk anak dapat dirasakan segera maupun di masa yang akan datang. Ketika anak Anda tumbuh menjadi seorang remaja, dewasa, bahkan saat mereka tua nanti. Oleh karena itu, manfaat dongeng menjadi semakin penting diketahui oleh para orang tua atau para pendidik anak usia dini.

Ada beberapa manfaat dongeng yang sangat penting untuk diketahui. Khususnya bagi Anda para orang atau Anda yang seringkali bergaul dengan bayi, batita, dan balita.

  1. Memperkuat ikatan batin antara anak dengan orang tua.
    Ini adalah manfaat mendongeng yg kadang tidak disadari, namun cukup penting. Mendongenglah dekat anak Anda, biarkan anak Anda dipangkuan Anda, sesekali belai rambutnya. Cara lain yang paling sering dilakukan yaitu sambil menemaninya menjelang tidur.

  2. Mengasah keterampilan verbal anak
    Dongeng yang anda ceritakan terdiri dari banyak kata yang akan memperkaya penguasaan kosa kata anak Anda. Kata yang Anda rangkai dalam mendongeng menjadi kalimat-kalimat yang dapat mengembangkan kemampuan anak Anda dalam berbahasa.

  3. Memberikan stimulus pada anak Anda untuk berimajinasi dan berpikir kreatif.
    Ketika anak Anda mendengar anda mendongeng untuknya, Ia dipicu untuk membayangkan apa yang Anda ceritakan,dengan begitu imajinasinya terasah juga kemampuan dalam berpikir kreatif, karena banyak sekali hal-hal yg belum pernah anak Anda ketahui dalam dongen tersebut.

  4. Meningkatkan EQ anak
    Emotion Quotient, atau kecerdasan Emosi anak dapat berkembang dengan dongeng. Ia mengenal banyak jenis perasaan dari dongeng. Sedih, marah, bingung, senang, takjub, empati dan lain sebagainya.

  5. Menanamkan nilai-nilai moral
    Manfaat mendongeng yang tidak kalah penting yaitu dalam menanamkan nilai moral pada anak. Tokoh-tokoh yang ada dalam dongeng dan kisahnya dapat mengajarkan anak tentang baik dan buruk, boleh dan tidak, dan nilai-nilai moral lainnya yang dapat menjadi bekalnya dalam kehidupannya kelak.

  6. Memperkenalkan budaya lain.
    Mendongeng sebaiknya tidak terbatas pada dongeng-dongeng lokal saja, tetapi juga dari luar. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan budaya lain, sehingga anak mendapatkan wawasan juga dalam dongeng yang kita ceritakan.

  7. Menumbuhkan minat baca anak Anda.
    Anak sangat ingin tahu tentang segala hal, terutama yang belum diketahui. Begitupun ketika Anda mendongeng, rasa ingin tahu dari dongeng yang ia dengar secara tidak langsung menumbuhkan keinginan membaca anak.

Dahsyat bukan manfaat mendongeng ini? Oleh karena itu, mulailah mendongeng dan tunggu perkembangan anak Anda ;). Selamat mendongeng dan menikmati kebersamaan bersama buah hati Anda.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s