Strategi Menyukseskan ASI Eksklusif (Part 2)

Nah..ini dia yang ditunggu-tunggu…bagaimana caranya untuk menyukseskan ASI eksklusif 6 bulan.
Kendala yang sering timbul di awal ibu melahirkan dan cara mengatasinya
1.    Susu tidak keluar
Untuk menghindari kejadian ini, hendaknya seorang ibu yang sedang hamil mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat terutama sayur mayur yang berpengaruh terhadap volume ASI ibu seperti daun katup, pepaya muda, lalap-lalapan, labu, jagung manis, dan lain sebagainya.
Selain itu, ketika hamil sering-seringlah membersihkan puting susu, karena seringkali air susu tidak keluar karena terhalang pleh kotoran yang menempel pada puting sang Ibu. Caranya, bersihkan selagi mandi cukup dengan memijat dan menyiraminya dengan air.
2.    Puting susu tidak keluar sehingga bayi kesulitan untuk menyusu.
Agar hal ini tidak sampai terjadi, maka sering-seringlah lakukan pijatan di di daerah puting dengan gerakan  memutar dan menarik puting agar menjadi lebih panjang, sehingga bayi menjadi mudah disusui.
Jika hal ini terlanjur terjadi Anda bisa menggunakan puting palsu yang saat ini sudah tersedia di alat-alt perlengkapan bayi. Jika tidak tersedia juga, jangan menyerah, terus paksakan untuk menyusui bayi Anda, karena lama kelamaan Ia akan beradaptasi dengan kekurangan yang dimiliki Ibunya ini, sehingga semakin hari semakin pandai menyusui walaupun puting Ibu tidak keluar.
3.    Puting susu luka/lecet
Pada awal-awal menyusui, hampir sebagian besar wanita mengalami hal ini. Tips jitunya adalah meneguhkan hati Anda untuk terus memberikan yang terbaik untuk Bayi Anda. Karena keinginan yang kuat ini akan mengalahkan rasa sakit Anda. Tidak usah khawatir Tuhan telah menyediakan obatnya langsung. Cukup Oleskan ASI sebelum dan sesudah menyusui.

Selain memudahkan bayi untuk menyusu, ASI yang Anda oleskan juga menjadi obat yang sangat manjur untuk mengobati luka lecet pada puting Anda. Tidak perlu obat-obatan lain, apalagi jika ternyata Anda lupa membersihkannya, ini dapat menyebabkan bayi Anda trauma, dan pada akhirnya tidak mau menyusu.

Bayi lebih sering tidur sehingga jarang menyusui

Jika bayi Anda lebih sering tertidur usahakan untuk membangunkannya, setidaknya dua jam sekali, terutama pada siang hari. Hal ini untuk menjaga ASI tetap berproduksi dan agar bayi Anda tidak kelaparan tentunya.

Stress
Stress ini sering terjadi pada ibu pasca melahirkan, banyak hal tentunya yang menjadi pikiran dari sang Ibu, apalagi jika ia baru melahirkan anak pertamanya. Ketakutan tidak bisa memandikan bayi, takut terjadi sesuatu pada bayinya, takut badannya tidak kembali ke bentuk semula, dan yang paling berat adalah takut tidak bisa menyusui bahkan takut ASI tidak ada sama sekali.
Ketakutan semacam ini harus dihilangkan. Karena stress juga berakibat terhadap produksi air susu. Bebaskan pikiran Anda dan ASI pun akan berproduksi tiada batas.

Ketakutan adanya kerusakan pada organ menyusui
Ini adalah ketakutan yang salah karena menurut penelitian dari American Society of Plastic Surgeons pada tahun 2007 menemukan bahwa menyusui sama sekali tidak membuat payudara kendur. Penelitian tersebut menemukan bahwa penyebab payudara kendur itu yaitu:

  • Membesarnya ukuran payudara baik karena kehamilan atau kenaikan berat badan yang drastis.
  • Usia yang semakin tua
    Semakin bertambah usia Anda, maka kekencangan payudara juga mengalami perubahan. Kekencangannya akan berkurang karena kelenjar payudara juga akan berkurang, sehingga digantikan oleh jaringan lemak yang memang lebih kendur. Ketika muda payudara tampak lebih kencang karena adanya hormon esterogen yang cukup tinggi.
  • Merokok
    Merokok adalah salah satu penyebab berkurangnya elastisitas kulit, tidak hanya pada payudara tapi juga pada kulit tubuh lainnya. Jadi sebetulnya sudah kodratnya bahwa semua wanita pada akhirnya payudaranya akan mengendur, BUKAN KARENA MENYUSUI. Tidak hamil dan tidak menyusui pun tetap saja pada akhirnya payudara akan mengendur karena organ istimewa ini bukanlah otot.

Karena itulah, dapat dipastikan pula bahwa tidak ada olah raga yang dapat mengencangkannya. Selain itu, organ ini juga tanpa tulang, sehingga sangat mudah terpengaruh gaya gravitasi dari bumi ini. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan bra sport jika hendak beraktivitas yang akan mengguncang bagian istimewa ini.

Rasa tidak yakin
Perasaan ini muncul bisa dari diri sendiri  atau pengaruh dari orang lain. Perasaan ini harus dihilangkan. Biarlah orang berkata apapun, jika tekad dan keyakinan kita kuat, maka semua halangan dan rintangan dapat teratasi.
Jadi teringat ketika terlontar kata-kata ini:
“Klo kasih susu formula atau makanan lain berarti ga sayang sama cucu nya” kataku sedih ketika ibu ku sendiri memintaku untuk memberi si kecil susu formula ketika usia anakku baru dua bulan. Waktu itu aku mengikuti training menulis selama 2 minggu agar bisa bekerja di rumah sebagai seorang penulis.

Pelatihan ini membuatku harus meninggalkan nya dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Maklum lokasinya cukup jauh dan perjalanan ke tempat tersebut adalah daerah macet. Alhasil..aku bisa, hanya dengan meluangkan waktu 30-60 menit waktu istirahatku untuk memerah susu untuk keesokan harinya.

Malamnya, jika merasa kurang banyak aku perah lagi agar tidak kekurangan. Untuk urusan memerah ASI ini, setiap ada kesempatan maka perahlah. Terutama untuk Anda yang bekerja dan terpaksa harus meninggalkan si kecil.

To be continue

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s