Tips Praktis Merawat Koleksi Gitar Anda

Sumber: www.AnneAhira.com

Gitar merupakan sebuah alat musik petik yang sangat populer di dunia. Banyak sekali peminat alat musik ini. Alat musik ini begitu digemari karena dari satu alat musik saja dapat menghasilkan melodi yang kompleks. Sering kita dengar konser-konser akustik yang memesona di setiap kesempatan.

Gitar sangat beragam jenisnya mulai dari ukuran sampai dengan bentuk dan anatomi gitar itu sendiri. Para pemusik profesional biasanya mempunyai koleksi gitar untuk memuaskan obsesinya pada alat musik ini.

Koleksi gitar, sama seperti halnya koleksi lain. Gitar memerlukan perawatan agar kondisinya tetap prima. Bentuknya terjaga, bersih, dan dapat mengeluarkan suara yang indah.

Jika gitar tidak dirawat dengan baik, lama-kelamaan akan rusak dan menjadi seonggok sampah saja. Padahal sebuah gitar bisa menjadi mesin pencetak uang bagi para komposer-komposer musik. Oleh karena itu, berikut kami berikan informasi menarik mengenai tips praktis untuk merawat koleksi gitar Anda agar tetap prima kondisinya.

Membersihkan Gitar yang Baik

Ada tiga bagian penting yang harus dibersihkan pada gitar:

1.    Badan Gitar

Bagian badan gitar ini dibersihkan dengan lap berbahan kaos. Hilangkan debu dan kotoran-kotoran yang menempel baik pada badan gitar, leher gitar, maupun pada bagian pickup yang berada di bawah senar.

Bila dirasa perlu gunakan guitar polish yang bebentuk cairan yang berfungsi untuk membersihkan gitar. Anda bisa mendapatkannya di toko alat-alat musik terdekat. Untuk bagian pickup, Anda bisa bersihkan dengan menggunakan kuas atau sikat gigi bekas yang bersih dan kering.

2.    Senar

Untuk membersihkan senar gunakan juga lap yang sama terbuat dari bahan kaos, namun jangan lupa selain bersihkan bagian atas senar, bagian bawahnya juga sama harus dibersihkan agar terbebas dari kotoran dan debu. Jika perlu Anda juga bisa membersihkannya dengn cairan pembersih senar untuk memudahkan membasmi debu dan kotoran yang membandel pada senar koleksi gitar Anda.

Jika ternyata ada bagian senar yang sudah berkarat, ganti dengan yang baru. Hal ini diperlukan untuk menjaga kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar dan juga agar fret gitar tidak rusak. Untuk mengganti senar disarankan diganti satu set agar warnanya sama dan suaranya juga memiliki kualitas yang sama.

3.    Fretboard

Fretboard ini biasanya adalah bagian yang paling kotor jika gitar sering digunakan. Keringat dan kotoran yang ada di jari menempel pada fretboard. Jika tidak dibersihkan lama-lama akan memadat dan menjadi kerak yang membuat keindahan dan kebersihan gitar menjadi rusak. Untuk membersihkannya gunakan lap dari bahan kaos.

Perlakuan Gitar dengan Baik

  • Posisi Menyimpan yang Baik

Posisi yang benar dalam meletakan gitar yaitu terlentang. Bagian leher gitar yang bersenar dihadapkan ke atas. Caranya bisa dengan ditempelkan ke dinding atau diletakkan dengan posisi miring pada lantai.

  • Hindari dari Benturan

Usahakan agar tidak terkena benturan, apalagi benturan yang keras. Hal ini untuk menjaga agar fisik gitar tidak rusak.

  • Kendurkan Senar jika Gitar Lama Tidak Digunakan

Hal ini diperlukan untuk mencegah leher gitar melengkung. Lengkungan ini terjadi akibat dua sisi senar.

  • Masukkan ke Tas Khusus Gitar

Tas khusus yang bisa digunakan bisa berupa softcase atau hardcase. Dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini salah satu upaya untuk melindungi koleksi gitar Anda agar tetap dapat digunakan.

  • Perbaiki oleh Ahlinya

Jika salah satu koleksi gitar Anda rusak, maka segera perbaiki pada ahlinya agar bisa baik dan dapat dipergunakan kembali. Karena kebiasaan yang ada jika rusak, diabaikan, lama-lama koleksi gitar Anda akan berakhir di tempat sampah.

Iklan