Tujuh Tips Bijak Berbelanja di FO

photo by Rully Satriadi suarapembaruan.com

photo by Rully Satriadi suarapembaruan.com

Berburu busana, memang melelahkan. Tapi, terus terang mengasyikkan. Bagi anda yang senang dengan memilah-milah busana yang unik, berlama-lama di sebuah Factory Outlet (FO) ibarat pelesiran. Perkara kocek, ah baju-baju di FO, kan tidak semahal di Plaza Senayan. Tapi, hellow..Bahan Bakar Minyak (BBM) baru saja naik, berhematlah! Berburulah dengan bijak. Jangan sampai baju-baju yang anda beli, cuma sekali pakai atau terbuang percuma.

Ada beberapa tips yang akan saya berikan pada anda. Hal ini berdasarkan pengamatan saya selama menjelajahi Factory-factory outlet di Jalan Riau. Semoga bisa mengawal perburuan anda dengan bijak:

Pertama, sebelum berangkat tentukan terlebih dahulu busana apa yang akan anda beli. Jika perlu, buatlah daftarnya secara rinci. Buat skala prioritas. Membiarkan diri anda pergi tanpa rencana yang jelas, sama saja dengan bunuh diri. Tentukan, anda membeli busana untuk siapa? Ukurannya berapa? Modelnya seperti apa? Dan untuk apa? Semakin jelas daftar yang anda buat, acara berburu anda akan lebih terarah. Anda tidak akan tersesat di antara banyak pilihan tumpukan-tumpukan busana.

Kedua, pastikan anda pergi ke FO yang tepat. Ada banyak sekali FO-FO di sepanjang jalan Riau (Dago atau Pasar Kaliki). Membuang bensin mobil suami anda atau pacar anda saat ini adalah sia-sia. Tentukan dua atau paling banyak tiga FO, yang akan anda kunjungi. Informasi ini bisa anda cari tahu dari rekan-rekan yang pernah berbelanja sebelumnya. Atau, dari pengalaman anda sendiri saat memutari FO-FO di Bandung. Jangan sampai anda salah masuk, membuang waktu percuma, karena tidak mendapatkan busana yang anda cari.

Sebagai informasi, setiap FO memiliki kecenderungan yang berbeda satu sama lain Anda mencari baju anak? de’Coral, dan China Emporium, dapat menjadi pilihan. Baju-baju anak yang modis dapat anda temukan di tempat-tempat ini. Jika anda ingin baju-baju yang terkesan glamour, The Summit, Oase, dan Heritage tempat yang tepat. Untuk baju laki-laki, Heritage memberi banyak pilihan. Dari mulai kaos, kemeja, polo shirt sampai jaket dengan berbagai bahan.

Jika anda berburu celana jeans, tengok Oase. Di sini banyak sekali jenis dan model celana jeans. Bahkan anda dapat memilih bahan dan menjahit langsung sesuai dengan model yang anda inginkan. Di luar urusan pilihan busana, pastikan pula anda berada di FO dengan fasilitas pendukung yang lengkap. Seperti arena bermain anak, tempat ibadah, toilet, dan kantin/kafe.

Ketiga, persiapkan dan hitung dengan matang budjet yang akan anda belanjakan. Diskusikan dengan suami, kakak, pacar tercinta anda soal budjet yang akan anda keluarkan untuk anda. Ingat, mengutamakan dapur mengepul lebih baik, ketimbang menumpuk koleksi busana.

Membawa terlalu banyak uang, berbahaya jika anda termasuk tipe “lapar mata”. Selaraskan dengan daftar busana yang akan anda beli. Jangan terlena dengan diskon yang banyak ditawarkan. Cukup catat, siapa tahu anda akan kembali lagi di kemudian hari. Diskon di sana berlangsung setiap saat, jadi jangan terlalu khawatir.

Jika terlanjur terpincut diskon, aha! Ini tips keempat, pasang mata anda baik-baik. Perhatikan detil-detil busana yang anda pilih. Rapihkah jahitannya? Apakah ada bekas bolong? Presisikah ujung baju belakang dan depan? Semakin cermat anda memilih, dijamin anda tidak akan kecewa begitu sampai ke rumah.

Selain itu, tentu saja jangan lupa tips kelima, pastikan anda mencoba busana yang akan anda beli. Jangan sampai kekecilan atau terlalu besar. Suatu model memang menarik, tapi jika ukuran tidak anda indahkan, anda bakal terlihat ‘lucu”. Tips ini pun mesti anda perhatikan jika hendak membeli busana untuk orang lain. Pastikan anda tahu seperti apa ukuran tubuhnya, dan model yang cocok baginya. Karena, barang yang sudah dibeli rata-rata tidak bisa dikembalikan atau ditukar.

Bagi anda yang datang berombongan, pastikan bus atau mobil anda terparkir di tempat yang tidak terlalu jauh. Agar semua orang dalam rombongan dapat mencapainya dengan mudah. Batasi waktu belanja rombongan anda hingga satu atau dua jam saja. Jika terlalu asyik belanja, sebagian rombongan akan menunggu, dan kemungkinan rombongan terpisah, bakal terjadi. Ini tips keenam.

Terakhir dan yang tak kalah penting. Buat catatan kecil setelah anda selesai belanja dan keluar dari FO. Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan dari FO yang sudah anda masuki. Catatan anda menjadi penting di kemudian hari. Semakin anda tertib, anda akan makin bijak, bijak, dan bijak dalam berbelanja.***(Tulisan ini pernah di muat di majalah Bandung& Beyond)

Iklan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s